Cara Memilih Handuk Hemat Yang Tepat

Bagaimana memilih handuk hemat yang paling tepat untuk kebutuhan Anda? Jangan terburu-buru, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memilihnya, mulai dari bahan, ketebalan dan daya serap, hingga ukuran. Untuk lebih jelasnya, deskripsi kami di bawah ini.

Bagaimana cara Memilih Handuk yang Tepat?

1. Pilih Kain Handuk yang Tepat untuk Anda

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih handuk adalah bahan kainnya. Sebab, kain yang mempengaruhi daya serap, berat, cepat atau lambat handuk mengering, dan sebagainya. Bahan handuk yang biasa ditemukan adalah katun, microfiber, dan serat bambu.

Umumnya handuk terbuat dari bahan katun, karena bahannya yang lembut, mudah menyerap, dan tidak mudah sobek. Selain itu, perawatannya mudah, bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci. Namun, handuk katun cenderung tidak cepat kering jika dibandingkan dengan yang sintetis.

Handuk sintetis microfiber biasanya terbuat dari nilon, rayon, atau poliester. Handuk ini biasanya digunakan untuk olahraga atau olah raga, karena ringan dan cepat kering. Selain itu, handuk microfiber ini juga terkadang mengandung antimikroba.

Bahan handuk ini terbuat dari serat bambu yang dapat mencegah bau apek pada handuk, dan juga berfungsi sebagai antibakteri. Handuk ini ramah lingkungan dan cocok digunakan saat kamar mandi Anda memiliki ventilasi yang terbatas.

Terbuat dari bahan campuran linen atau katun, handuk ini terasa ringan, teksturnya lembut, daya serapnya baik, nyaman dipakai, dan cocok untuk kulit sensitif. Namun, kainnya lebih tipis dari handuk biasa dan harganya cukup mahal.

2. Periksa Ketebalan Handuk untuk Mengetahui Kekuatan Serap

Dalam handuk, Anda perlu mempertimbangkan ketebalan dan beratnya yang diukur dalam gram per meter persegi (GSM). Semakin berat bebannya, semakin padat dan tebal handuknya. Artinya handuk akan lebih mudah menyerap udara dan juga terlihat mewah.

Bobot paling ringan sekitar 300 GSM, sedangkan paling ringan 900 GSM. Handuk tipis dan ringan akan lebih cepat kering, yang ideal untuk olahraga. Handuk dengan berat sedang sangat cocok untuk dibawa ke pantai atau mandi sehari-hari. Sedangkan handuk yang tebal dan padat terasa lebih mewah, namun lebih lama kering.