Harga Domba Texel dan Update Texel Super Terbaru di Cirebon

Berapa harga domba Texel dari semua ras tahun ini? Domba ini mendapatkan namanya dari tempat kelahirannya yaitu Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Texel Lamb dikenal dengan dagingnya yang unggul di seluruh dunia karena dagingnya yang ramping.
Domba Texel memiliki tubuh yang besar dan otot yang sangat kuat. Mereka juga memiliki bulu berwarna putih keabu-abuan. Domba-domba ini ditemukan hampir di semua tempat di dunia. Indonesia mempunyai banyak penggarap.
Sekilas wolnya mirip dengan Merino. Perbedaan domba Texel dan Merino justru terletak pada bulunya. Texel memang memiliki wol, tetapi hanya menutupi badan, tidak termasuk wajah dan kaki.
Berbeda dengan Merino, domba ini memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh anggota tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki pun tumbuh, menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.
Berapa harga domba Texel saat ini? Sebelum membahas harganya, berikut informasi mengenai sejarah Texel menjadi daging domba potong yang cukup populer di Indonesia.

Sejarah Populasi Domba Texel dan Harganya di Indonesia

Domba Texel diekspor ke lebih dari 35 negara di seluruh dunia pada abad ke-18, termasuk benua seperti Eropa, Amerika, dan Oseania. Negara-negara ini mengalami peningkatan populasi kawanan ternak Texel. Hal ini disebabkan kemampuan beradaptasi dan daya tahan Texel yang sangat baik.
Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Awal pembangunannya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.
Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Produksi wool Texel masih belum sebanding dengan Merino sehingga berdampak besar terhadap perekonomian suatu negara.
Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga domba Texel ditentukan oleh kualitas dan ras atau keturunannya.
Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta.
Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Pasalnya harga satu golongan darah lengkap pria dewasa bisa mencapai 60 jutaan.
Double Diamond, seekor domba fullblood Texel berukuran besar, dijual di lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga $490.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah! Dia adalah seorang fullblood Texel berukuran besar yang dijual pada lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga $490,000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!
Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Harga domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Oleh karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Sedangkan untuk domba texel fullblood memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas dan sekaligus kualitas peternakan jauh lebih baik.
Untuk mengenal lebih jauh domba-domba ini, ada baiknya kita memahami apa saja ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri tersebut.

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

Domba texel mempunyai bentuk fisik yang khas. Domba Texel lebih besar dari domba penghasil wol. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.
1. Badan berotot besar/besar
Ciri yang paling terlihat adalah tubuhnya yang besar dan berotot. Alasan ini pula yang menjadikan Texel sebagai salah satu domba terbaik di dunia. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Daging texel memiliki kandungan lemak yang rendah karena tubuhnya yang berotot.
2. Wajah Domba Texel Putih
Texel memiliki wajah putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba khusus ini. Bentuk kepala Texel lebih terlihat dengan rambut pendek.
3. Tidak ada bulu di kepala dan kaki
Selain di kepala, bulu tidak tumbuh di keempat kaki Texel. Tampilan Texel lebih keren dibandingkan domba dan kambing lainnya. Rambut yang hanya ada di badan dan ekornya membuatnya tampak semakin besar.
Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.
4. Telinga Pendek ke Atas
Ciri fisik domba ini selanjutnya terletak pada bentuk telinganya. Entah domba texel murah atau mahal, bentuk kupingnya sama yaitu pendek dan atas. Telinganya tampak menghadap ke depan (dengan posisi hampir horizontal).
5. Hidung dan Kaki Domba Texel Berwarna Hitam
Anda dapat memeriksa hidung dan kukunya lebih dekat jika mampu. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap (hitam).
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting