Ucapan Minal Aidzin Wal Faizin

Ucapan minal aidin wal faizin artinya merupakan sebuah ungkapan yang banyak diucapkan umat islam saat hari raya idul fitri. Ucapan Minal Aidzin Wal Faizin juga sering kali disertai dengan ungkapan “Maaf lahir dan batin”. Oleh karena itu, sangat lumrah terdengar kalimat: “Selamat Hari Raya Idul Fitri, minal Aidzin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.”
 
Meski sebagian besar orang menganggap kalimat minal aidin wal faizin berarti “meminta maaf lahir dan batin”, namun sebenarnya kalimat tersebut merupakan bagian dari doa.
Minal Aidzin Wal Faizin sebenarnya adalah bagian dari doa jaalanallahu minal Aidzin Wal Faizin yang artinya semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang meraih kemenangan. Meski demikian, doa tersebut jelas tetap bermakna kembali ke alam saat Idul Fitri.
Apa itu Minal Aizin Wal Faizin
 
Meski maksudnya bukan “Saya minta maaf lahir dan batin”, tak ada salahnya kalimat minimal dari Aidin Wal Faizin disusul dengan kalimat permintaan maaf.
 
Lebih lanjut, umat Islam di seluruh dunia juga lazim menggunakan ungkapan Takabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim. Kalimat ini digunakan untuk mendoakan saudara-saudara muslim agar puasanya diterima. Ungkapan ini juga sudah ada sejak zaman para sahabat Nabi Muhammad SAW.
 
Pada masa para sahabat Nabi lebih baik mengucapkan: kalimat maaf. Ucapan yang umum digunakan adalah Takabbalallahu Minna wa Minkum Taqabbal ya Karim. Demikianlah salam berlanjut wa ja’alanallah wa ijakum minal ‘aidin wal faizin.
 
Dalam doa ini kita mendoakan seseorang yang bernama atau orang yang kita doakan. Semoga Allah menerima amal baiknya. Jadi jaalanallahu wa iyakum minal aidzin wal faizin, ini doa semoga kita semua adalah orang-orang yang minal helpin atau orang-orang yang kembali kepada kebaikan. Kembali ke kesucian, kembali ke alam.
 
 
Contoh Ucapan Saat Hari Raya Idul Fitri
 
Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidzin Wal Fizin, Semoga kita semua berada di sisi terbaik Allah.
Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri, Minal Adizn Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Dan Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri, Semoga Kita Semua Tetap Menjalin Hubungan Baik Selalu
 
Jadi Minal Aidin Wal Faizin Artinya adalah doa agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, kembali ke kesucian, kembali ke fitrah dan semoga menjadi manusia yang berbahagia di kemudian hari.Oleh karena itu diatas kita telah membahas apa Minal Aidin wal faizin Artinya, saya harap artikel ini membantu untuk kalian semua, tunggu berita berita kami selanjutnya ya.